Tips Merawat aki Mobil

12 November 2012

Aki merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada mobil. Fungsinya sebagai pemberi daya listrik bagi beberapa komponen mobil sangatlah vital. Terkadang aki yang ada pada mobil suka mengalami kendala mati atau sudah tidak mampu mengangkat beban listrik, berikut adalah tips sederhana untuk merawat aki kendaraan anda :

-Baterai/aki perlu diganti. Hal ini adalah hal umum,Biasanya aki mobil perlu diganti setiap empat tahun sekali. Jangan lupa untuk melakukan hal tersebut.
-Secara berkala, periksalah kondisi air aki, jika Anda memakai aki basah pada mobil. Jika indikatornya menyatakan kekurangan air segera tambahkan air aki hingga takaran yang sudah ditetapkan. Jangan mengisi air aki melebihi upper level yang tertera pada sisi aki.
-Bersihkan terminal aki dari kerak. Cara paling mudah melakukannya adalah dengan menggunakan beberapa baking sida dan air. Gunakan sikat kawat untuk membersihkan kerak tersebut.
-Upayakan untuk selalu menjaga kabel baterai/aki terikat dengan erat. Pastikan kabel-kabel tersebut ketat dan tidak bergerak, meskipun ketika Anda melibas jalan yang kurang rata sekalipun.
-Upayakan sebelum Anda mematikan mobil, sebelumnya matikan terlebih dahulu komponen-komponen kelistrikannya seperti lampu luar, AC, radio/tape, CD, charger handphone, dan sebagainya.
-Copot terminal negatif pada aki jika Anda berniat untuk tidka menggunakan mobil dalam waktu yang cukup lama. Lalu upayakan untuk mengikat kepala aki dengan kain agar terminal negatif itu tidak bersentuhan dengan body mobil.
-Upayakan juga untuk selalu memeriksa kondisi aki mobil ketika Anda melakukan service/cek rutin mobil Anda.