Mendeteksi Kebocoran Radiator Mobil

15 January 2013

Radiator mobil merupakan media pendingin mesin mobil dan mencegah temperatur berlebihan pada mesin mobil dengan bantuan kipas radiator untuk membuang panas mesin.
Berikut tips Cara Deteksi Radiator mobil anda telah rusak (di khususkan untuk radiator tipe alumunium dengan plastik pada upper dan lower tank radiator) :

-Upper tank radiator tipe alumunium
Untuk mendeteksi agar kita terhindar dari mesin overheating pada radiator tipe alumunium ini, bisa melakukan pemeriksaan pada bagian upper tank yang biasanya akan lebih dulu mengalami keretakan dan bocor. Dikarenakan bagian atas radiator yang menerima panas air langsung dari mesin sebelum didinginkan.
Pemeriksaan terhadap keretakan pada upper tank radiator ini bisa dilakukan mulai kilometer tempuh 150 ribu.

-Sedangkan lower tank umur nya lebih panjang bisa dua kali umur upper tank, karena lower tank lebih dingin. Secara detail gejala keretakan pada upper tank dari bahan plastik pada radiator tipe alumunium ini akan terlihat garis-garis warna kecoklatan dekat kleman upper tank.

*Cara lain mendeteksi radiator mobil rusak yang disebabkan saluran air tersumbat adalah dengan menghidupkan mesin mobil, buka tutup radiator dan tunggu hingga temperatur kerja mesin di mana saat tersebut thermostat mesin terbuka dan air mulai bersirkulasi melewati radiator. Saat mesin sudah panas ketika mesin di gas maka air radiator akan terlihat mengalir deras mengikuti putaran water pump jika radiator dalam kondisi baik dan tidak tersumbat. Hati-hati dalam mencoba cara ini.